DAMPAK KOPERASI

Dampak Pembangunan

                 

                       Pembangunan Ekonomi Nasional berorientasi kepada kepentingan anggota Koperasi 

      Menurut Hidayat (dalam chiorul djamhari, ed., 1984), aset utama koperasi Indonesia adalah sumber daya manusia yakni para anggotanya.

      Habirson (1973) menyatakan bahwa pembangunan yang berorientasi manusia menekankan kebermaknaan pendayagunaan semua sumberdaya insani didalam kegiatan produktif dan pengembangan keterampilan, pengetahuan, serta kecakapan mereka. Asumsi yang mendasari pendekatan ini yaitu ada 3 :

1. SDM di Negara – Negara berkembang sedang berlimpah dan belum didaya gunakan secara maksimal

2. Pengetahuan, kecakapan, dan keterampilan sdm memiliki daya tumbuh yang hampir – hampir tidak terbatas, yang pada saat ini aktualisasinya belum sebanding dengan potensi sebenarnya

3. Keyakinan bahwa bangsa yang sedang membangun dapat memakmurkan diri dengan memaksimalkan pendayagunaan dan pengembangan secara efektif dan produktif sdm yang dimilikinya

      Mubyarto (1983) menjabarkan pembangunan nasional Indonesia sebagai pembangunan yang berorientasi manusia dengan beberapa indikator, yakni :

1. Adanya keselarasan, keserasian, dan keseimbangan antara pembangunan lahiriah dan batiniah

2. Pembangunan merata diseluruh tanah air

3. Pembangunan untuk semua golongan, semua anggota masyarakat dan seluruh rakyat

Hal ini sesuai dengan kesepakatan nasional yang menyatakan bahwa hakekat pembangunan nasional adalah pembangunan manusia seutuhnya dan pembangunan masyarakat seluruhnya.

      Apabila aset utama koperasi Indonesia adalah sumber daya manusia, seperti dikemukakan Hidayat, maka upaya pengembangan gerakan koperasi berada dalam rangka acuan strategi pembangunan yang berorientasi manusia.


sumber :

http://digilib.upi.edu/administrator/fulltext/d_pls_623-c-xviii-10_a.mansyur_hamid_chapter5.pdf

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerpen Fiktif (Hanya Singgah)

Teori ekonomi (ekonomi informasi)

ANALISIS KASUS JALUR DISTRIBUSI APPLE